Ekaristi Kaum Muda di Gereja Kristus Raja Ungaran

Pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 diadakan Ekaristi Kaum Muda atau lebih dikenal dengan EKM, di Gereja Kristus Raja Semesta Alam Ungaran. Diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Romo Marcellinus Tanto, Pr dan dihadiri umat yang tidak hanya dari Ungaran. Ada beberapa perwakilan dari paroki Kebon Dalem, paroki Ambarawa dan paroki-paroki lainnya. Selain perayaan ekaristi, penampilan dari tiap-tiap OMK juga sangat dinantikan. Selain itu, setelah ekaristi OMK Kristus Raja Ungaran menampilkan video mapping kisah murid Yesus yang terombang-ambing di tengah lautan. Pesan yang disampaikan melalui video tersebut menggambarkan bagaimana kondisi anak muda di zaman sekarang yang sering merasa khawatir dalam perjalanan hidupnya. Kita sebagai anak muda diajak untuk percaya bahwa di setiap perjalanan hidup kita selalu ada Yesus yang senantiasa menemani dan menolong kita. Dia akhir video juga ditampilkan beberapa foto kegiatan OMK yang menunjukkan adanya kebersamaan pelayanan kepada Tuhan melalui orang muda.Setelah Ekaristi selesai, terdapat penampilan pentas seni dari PIA Kristus Raja hingga muda-mudi GKRU. Romo Marcelinus Tanto juga ikut memeriahkan acara dengan turut menari di atas panggung bersama para adik-adik PIA.

Shania sebagai perwakilan dari OMK Kebon Dalem merasa senang dan kaget karena konsep yang digunakan sangat meriah. Ia berharap EKM di Gereja Kristus Raja Ungaran dapat diadakan lagi dimasa yang akan datang. “Walaupun ini acara EKM (Ekaristi Kaum Muda) tapi orang-orang selain orang muda seperti orangtua dan anak-anak pun ikut support. Jadi kesannya OMK selalu positif diantara orangtua dan anak-anak. Semoga bisa lebih meriah lagi, bisa lebih banyak paroki yang diundang, kalau bisa satu kevikepan.” Ujar salah satu perwakilan OMK paroki Ambarawa. Antusiasme dari teman-teman paroki lain menunjukkan bahwa kegiatan pelayanan tidak hanya semata-mata untuk mendekatkan diri dan melayani Tuhan tetapi juga untuk memperluas relasi, menambah pengalaman, hingga menuangkan kreativitas melalui pelayanan ini.

Serina Tiara sebagai ketua panitia EKM pun juga berbagi sedikit persiapan yang sudah dilakukan oleh OMK Gereja Kristus Raja Ungaran untuk kegiatan EKM ini. “Persiapannya sudah ada rapat sekitar 1 sampai 2 bulan, dekorasi sudah dari 1 minggu sebelum acara, dan undangan sudah disebarkan 2 minggu sebelum acara. Kesannya seneng banget karena pesertanya banyak dan diluar dugaan, juga mereka berpartisipasi mau ikut acara ini, serta temen-temen yang bersedia membantu dari sebelum sampai acara berjalan saat ini, mereka udah supportive buat mendukung satu sama lain. Dan harapannya semoga kegiatan OMK semakin didukung oleh temen-temen OMK yang lain, yang jarang kelihatan dan semoga dari pihak gereja mau mendukung penuh setiap kegiatan OMK.”

Romo Tanto juga turut memberikan kesan dan pesannya, “Saya merasakan sukacita karena saya melihat banyak sekali orang muda datang ke sini (GKRU) dan itu adalah kerinduan kita semua. Dan semakin banyak orang muda¬† mewarnai gereja kita dengan hal hal yang baik.”

Profisiat untuk teman-teman OMK! Terus berkarya dan melayani dengan sepenuh hati ya!

Penulis: TA, MN, AAG

Editor: IW